Informasi Sekolah
Selasa, 04 Feb 2025
  • PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) SMAN 1 Surade TP 2024/2025 - Tahap 1 : 3 - 7 Juni 2024 , Tahap 2 : 24 - 28 Juni 2024.
  • PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) SMAN 1 Surade TP 2024/2025 - Tahap 1 : 3 - 7 Juni 2024 , Tahap 2 : 24 - 28 Juni 2024.

SASARAN MUTU

Sasaran dari Rencana Operasional SMAN 1 Surade adalah meningkatnya kualitas pembelajaran bedasarkan kepada Prioritas Rekomendasi Rapor PBD SMAN 1 Surade Tahun 2023 dengan mengedepankan kepentingan bersama demi terwujudnya proses pembelajaran yang baik dan menyenangkan .

Berdasarkan Rekomendasi Rapor PBD SMAN 1 Surade Tahun 2023, berikut adalah sasaran utama yang perlu dibenahi oleh SMAN 1 Surade :

NoMasalahCapaianSkorAkar MasalahProgram BenahiInspirasi Kegiatan Benahi
1A.3 KarakterSedang51,08Kebinekaan globalPeningkatan kompetensi GTK dan kebijakan yang mendukung sikap bernalar kritisSatuan Pendidikan meningkatkan kompetensi GTK dengan mempelajari konten terkait Profil Pelajar Pancasila untuk dimensi Kebinekaan Global
      Satuan Pendidikan melalui GTK mengimplementasikan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dimensi Kebinekaan Global dalam pembelajaran
      Satuan Pendidikan memfasilitasi adanya kebijakan dan penganggaran terkait pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
2A.3 KarakterSedang51,08Metode pembelajaranPeningkatan kompetensi GTK dan kebijakan yang menunjang aktivasi kognitifSatuan Pendidikan meningkatkan kompetensi GTK dengan mempelajari konten terkait praktik pembelajaran interaktif yang sesuai dengan tujuan pembelajaran dan karakteristik siswa
      Satuan Pendidikan mengembangkan dan mengimplementasikan praktik pembelajaran interaktif yang sesuai dengan tujuan pembelajaran dan karakteristik siswa
      Satuan Pendidikan memfasilitasi adanya kebijakan dan penganggaran untuk mendukung praktik pembelajaran interaktif di sekolah
3A.1 Kemampuan literasiSedang (44,44% siswa sudah mencapai kompetensi minimum)44,44Kompetensi membaca teks sastraPeningkatan kompetensi guru dan kebijakan yang menunjang kompetensi membaca teks sastraSatuan Pendidikan meningkatkan kompetensi GTK dengan mempelajari konten terkait teks sastra yang berkaitan erat dengan kemampuan literasi di Platform Merdeka Mengajar
      Satuan Pendidikan melalui GTK mengimplementasikan pembelajaran tentang teks sastra yang berkaitan erat dengan kemampuan literasi siswa secara keseluruhan
      Satuan Pendidikan memfasilitasi adanya kebijakan dan penganggaran terkait penguatan literasi
4A.1 Kemampuan literasiSedang (44,44% siswa sudah mencapai kompetensi minimum)44,44Metode pembelajaranPeningkatan kompetensi GTK dan kebijakan yang menunjang aktivasi kognitifSatuan Pendidikan meningkatkan kompetensi GTK dengan mempelajari konten terkait praktik pembelajaran interaktif yang sesuai dengan tujuan pembelajaran dan karakteristik siswa
      Satuan Pendidikan mengembangkan dan mengimplementasikan praktik pembelajaran interaktif yang sesuai dengan tujuan pembelajaran dan karakteristik siswa
      Satuan Pendidikan memfasilitasi adanya kebijakan dan penganggaran untuk mendukung praktik pembelajaran interaktif di sekolah
5A.2 Kemampuan numerasiSedang (42,22% siswa sudah mencapai kompetensi minimum)42,22Kompetensi pada domain BilanganPeningkatan kompetensi GTK dan kebijakan yang menunjang kemampuan numerasi pada domain BilanganSatuan Pendidikan meningkatkan kompetensi GTK dengan mempelajari konten pengembangan diri untuk memahami bilangan, aljabar, geometri, data, dan ketidakpastian di Platform Merdeka Mengajar
      Satuan Pendidikan melalui GTK mengimplementasikan pembelajaran tentang bilangan, aljabar, geometri, data, dan ketidakpastian siswa secara keseluruhan dengan mempelajari inspirasinya di Platform Merdeka Mengajar
      Satuan Pendidikan mendukung adanya kebijakan dan penganggaran terkait upaya penguatan numerasi di sekolah
6A.2 Kemampuan numerasiSedang (42,22% siswa sudah mencapai kompetensi minimum)42,22Kompetensi membaca teks sastraPeningkatan kompetensi guru dan kebijakan yang menunjang kompetensi membaca teks sastraSatuan Pendidikan meningkatkan kompetensi GTK dengan mempelajari konten terkait teks sastra yang berkaitan erat dengan kemampuan literasi di Platform Merdeka Mengajar
      Satuan Pendidikan melalui GTK mengimplementasikan pembelajaran tentang teks sastra yang berkaitan erat dengan kemampuan literasi siswa secara keseluruhan
      Satuan Pendidikan memfasilitasi adanya kebijakan dan penganggaran terkait penguatan literasi
7D.1 Kualitas pembelajaranSedang59,94Metode pembelajaranPeningkatan kompetensi GTK dan kebijakan yang menunjang aktivasi kognitifSatuan Pendidikan meningkatkan kompetensi GTK dengan mempelajari konten terkait praktik pembelajaran interaktif yang sesuai dengan tujuan pembelajaran dan karakteristik siswa
      Satuan Pendidikan mengembangkan dan mengimplementasikan praktik pembelajaran interaktif yang sesuai dengan tujuan pembelajaran dan karakteristik siswa
      Satuan Pendidikan memfasilitasi adanya kebijakan dan penganggaran untuk mendukung praktik pembelajaran interaktif di sekolah
8D.1 Kualitas pembelajaranSedang59,94Belajar tentang pembelajaranPeningkatan kompetensi GTK dan kebijakan yang menunjang belajar tentang pembelajaranSatuan Pendidikan meningkatkan kompetensi GTK dengan mempelajari konten terkait pengetahuan dan keterampilan mengajar yang bermakna dan berpusat pada peserta didik
      Satuan Pendidikan melalui GTK mengimplementasikan pembelajaran yang bermakna dan berpusat pada peserta didik
      Satuan Pendidikan memfasilitasi adanya kebijakan dan penganggaran untuk mendukung peningkatan kompetensi guru yang menunjang proses pembelajaran
9D.8 Iklim KebinekaanSedang67,98Toleransi dan kesetaraan siswaPeningkatan kompetensi GTK dan kebijakan yang menunjang terciptanya sikap inklusifSatuan Pendidikan meningkatkan kompetensi GTK dengan mempelajari konten terkait praktik pembelajaran interaktif yang sesuai dengan tujuan pembelajaran dan karakteristik siswa
      Satuan Pendidikan melalui guru menunjukkan sikap penerimaan dan penghargaan terhadap keragaman karakter, latar belakang, dan kondisi murid dalam proses pembelajaran
      Satuan Pendidikan memfasilitasi adanya kebijakan dan penganggaran terkait upaya membiasakan sikap dan perilaku yang menunjukkan penghargaan terhadap keragaman karakter, latar belakang, dan kondisi murid di sekolah
10D.8 Iklim KebinekaanSedang67,98Program dan kebijakan sekolah tentang perundunganPeningkatan kompetensi GTK dan kebijakan yang mendukung terlaksananya program dan kebijakan sekolah terkait perundunganSatuan Pendidikan meningkatkan kompetensi GTK dengan mempelajari konten terkait definisi, ragam kasus, serta program perundungan
      Satuan Pendidikan melalui GTK mengintegrasikan pemahaman ke dalam sikap pencegahan dan mitigasi perundungan dalam proses pembelajaran
      Satuan Pendidikan memfasilitasi adanya kebijakan dan penganggaran terkait upaya peningkatan pemahaman guru, serta pencegahan dan penanggulangan perundungan di sekolah
11D.4 Iklim keamanan sekolahBaik71,08Pengalaman siswa terkait rokok, minuman keras, dan narkobaPeningkatan kompetensi GTK dan kebijakan yang menunjang pencegahan dan penanggulangan narkobaSatuan Pendidikan meningkatkan kompetensi GTK dengan mempelajari konten terkait bahaya dan pencegahan Narkoba (termasuk minuman keras dan rokok) serta penangulangan kasus narkoba pada murid
      Satuan Pendidikan melalui GTK mengintegrasikan upaya pencegahan dan penanggulangan narkoba pada murid dalam proses pembelajaran
      Satuan Pendidikan memfasilitasi adanya kebijakan dan penganggaran terkait upaya upaya pencegahan dan penanggulangan narkoba pada murid
12D.4 Iklim keamanan sekolahBaik71,08Program dan kebijakan sekolah tentang perundunganPeningkatan kompetensi GTK dan kebijakan yang mendukung terlaksananya program dan kebijakan sekolah terkait perundunganSatuan Pendidikan meningkatkan kompetensi GTK dengan mempelajari konten terkait definisi, ragam kasus, serta program perundungan
      Satuan Pendidikan melalui GTK mengintegrasikan pemahaman ke dalam sikap pencegahan dan mitigasi perundungan dalam proses pembelajaran
      Satuan Pendidikan memfasilitasi adanya kebijakan dan penganggaran terkait upaya peningkatan pemahaman guru, serta pencegahan dan penanggulangan perundungan di sekolah

Dalam rangka mewujudkan hal tersebut, sasaran utama dirangkum sebagai berikut :

  1. Sasaran Sumber daya manusia
    1. Seluruh Guru dan Tenaga Kependidikan
    1. Seluruh Siswa/I SMAN 1 Surade
    1. Seluruh Komite dan orangtua SMAN 1 surade
  2. Sasaran Sarana dan Prasarana
    1. Ketersediaan perangkat pembelajaran yang baik
    1. Ketersediaan sumber bahan ajar yang variatif
    1. Perangkat pembelajaran berbasis digital guna pengembangan diri GTK secara komperhenship
Share Ke media Sosial Anda

Pengumuman

Diterbitkan :
SMAN 1 Surade Sekolah Penggerak
Share Ke media Sosial Anda
Diterbitkan :
Upacara Hari Santri 2023
Share Ke media Sosial Anda
Diterbitkan :
Rencana Pelaksanaan Asesmen Bakat Minat 2023
Share Ke media Sosial Anda

MAP SMAN 1 Surade

Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah TEXT-ALAMAT-1-1024x614.png